HIKMAH MENJALANKAN UMROH KE MEKAH

Tahukah kamu? Didalam ibadah umroh tersimpah sebuah hikmah yang luar biasa. Definisi hikmah sendiri adalah makna yang terkandung dalam sebuah peristiwa. Biasanya berupa manfaat atau kandungan positif yang muncul dibalik sesuatu. Sedangkan didalam umroh hikmah dapat diperoleh melalui pelaksanaan secara langsung. Hikmah akan didapat jika pelaksanaan umroh dilakukan dengan niat yang baik dan benar.

Adapun hikmah yang diperoleh bisa berupa lebih peduli dengan sesame manusia, dapat memanfaatkan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT dengan lebih baik, dan membagikan sebagian rezekinya kepada orang yang membutuhkan. Selain beberapa hal yang dapat dirasakan secara fisik, hikmah dari umroh juga akan mendapatkan pahala yang luar biasa yaitu balasan surga.

Definisi umroh sendiri adalah kegiatan ibadah yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, dan ibadah ini bukan sebuah kewajiban, tetapi sebagai pelengkap dan penyempurna keIslaman kita. Oleh karena itu ibadah umroh merupakan ibadah yang sangat istimewa. Bismillah semoga kita dapat menunaikan ibadah umroh yaah hehe.. aamiin.

Ibadah Haji dan umroh merupakan pelaksanaan rukun islam yang ke-lima. Tahukah kamu, bahwa ibadah haju maupun umroh merupakan wujud dari pertemuan antara kesadaran batin dan kecerdasan rasio. Dan setelah pulang dari ibadah ini, makka tiap orang memiliki pengalaman spiritual yang berbeda-beda. bahkan tak jarang pula yang pulang dari kegiatan haji dan umroh terlihat tak masuk akal atau dapat dikatakan diluar daya nalar manusia.

Wujud utama dari dari pelaksanaan ibadah umroh ke Mekkah adalah memenuhi panggilan dari Allah SWT dengan menempuh perjalanan yang tidak sebentar, biaya mencapai jutaan, dan harus berpisah dengan saudara, keluarga serta harta benda yang kita miliki.

Tujuan utama dari ibadah umroh adalah menjalankan tugas mulia kepada Allah SWT, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan. Didalam ibadah umroh terdapat beberapa hikmah yang luar biasa, baik itu hikmah dari rukun dan wajibnya dan ada pula dari makna umroh itu sendiri.

1. Hikmah Saat Melakukan Umroh

Ingin tahu apa saja hikmah dari umroh?, mari kita bahas bersama. Yang pertama hikmah hadir dari makna sebuah umroh sendiri yaitu; (1) Umroh merupakan rihlah muqaddasah (perjalanan suci), inilah yang menyebabkan seluruh kegiatan yang dilakukan pada saat melakukan ibadah umroh adalah sebuah perjalanan ibadah demi memperoleh pahala dan ridho dari Allah SWT.Kegiatan ibadah umroh merupakan bagian dari syi`ar untuk mensucikan dan membesarkan nama Allah seperti yang tercantum dalam kalimat talbiyyah. (2) Umroh merupakan salah satu sarana bagi umat manusia untuk senantiasa menginstrospeksi dirinya, bahkan ketika dia berada sangat dekat denganNya di Baitullah. (3) Umroh sebagai simbol ketaatan dan kepatuhan kita kepada Allah SWT sebagai hamba-Nya yang senantiasa melakukan segala perintahNya dan menjauhi semua laranganNya.

2. Hikmah dari Rukun Umroh

Selain hikmah dari makna umroh itu sendiri, ada pula hikmah umroh yang diperoleh dari rukun dan wajibnya umroh. Apa saja hikmahnya?, diantaranya adalah: (1) Pada saat menggunakan pakaian ihram, kita lebih menonjolkan sikap sederhana, kesucian hati dan jiwa pada saat menggunakan kain putih ihram. Tidak ada sikap sombong dan berlebihan dan itu semakin membuat kita merasa rendah hati baik di hadapan sesama manusia terlebih dihadapan Allah SWT. (2) Dalam melakukan thawaf yaitu berputar mengelilingi Ka`bah, melambangkan perputaran alam semesta, sedangkan bilangan 7 kali dalam kegiatan thawaf melambangkan bilangan 7 hari, 7 lapis langit dan bumi serta 7 lapis surga dan neraka. Sehingga Ka`bah dapat pula dianggap sebagai miniatur bangunan suci Baitul Maqdis yang ada di atas langit, dikelilingi oleh puluhan ribu malaikat sebagian menyebutkan terdapat sebanyak 70.00090-p\ malaikat) yang juga berthawaf setiap harinya. (3) Wuquf di Arafah memiliki hikmah sebagai sarana perenungan diri atas segala amal perbuatan kita, sebagai miniatur digiringnya umat manusia di padang mahsyar kelak. Sehingga kita dapat introspeksi diri atas segala amal perbuatan yang telah kita lakukan di dunia, insyaf sebagai hamba Allah yang berlumur dosa dan segera menyucikan diri dengan memperbaiki amalan ibadah seusai menjalankan ibadah umroh ini. (4) Hikmah dari melaksanakan sa`i adalah merupakan perjalanan yang melambangkan kasih sayang seorang ibu kepada anaknya. Jamaah umroh diingatkan atas perjuangan Siti Hajar (istri nabi Ibrahim as) ketika mencari air dengan berlari antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali. (5) Pelemparan jumroh merupakan symbol penentangan manusia terhadap setan. Melempar jumroh dengan menggunakan kerikil adalah symbol melempar nafsu setan yang ada dalam diri manusia sejauh-jauhnya dari jiwa dan kehidupan kita.

3. Hikmah Saat Pelaksanaan Umroh

Selain itu adapun hikmah yang dapat diambil dari pelaksanaan ibadah umroh, yaitu: Umroh menghilangkan kefakiran dan menghapus dosa. Dari Abdullah, Rasulallah SAW bersabda: “Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.” (HR. An Nasai no. 2631, Tirmidzi no. 810, Ahmad 1/387).

Banyak yang telah membuktikan bahwa setelah melakukan umroh, kehidupan mereka makin berkah melalui kekayaan yang ditambah-tambah olehNya melalui jalan yang tak pernah di sangka-sangkanya, kehidupan yang lebih tentram dan membuatnya makin khusyuk beribadah kepada Allah SWT.

Semua jenis ibadah di dalam agama Islam pasti punya hikmah yang tinggi. Demikian pula dengan ibadah haji dan umroh. Hikamah dari pelaksanaan ibadah ini antara lain : 1. Meningkatkan kedisiplinan à
Ketika di tanah suci Mekkah dan Madinah, seluruh umat yang melaksanakan ibadah haji dan umroh harus terbiasa untuk disiplin ketika melaksanakan ritual haji maupun sholat. Pola disiplin ini di harapkan bisa terus berkelanjutan meski waktu pelaksanaan ibadah sudah selesai. 2. Meningkatkan kwalitas diri  à dalam beribadah. Orang yang merasa banyak dosa sering merasa putus asa. Namun Allah menjanjikan akan menghapus segala dosa yang kita miliki ketika kita mau melaksanakan ibadah secara tulus dan ikhlas. Hal ini akan mendorong kita untuk lebih taat menjalankan jenis ibadah yang lain selain ibadah haji dan umroh. 3. Memunculkan sifat yang sabar à Ketika melaksanakan ritual ibadah haji dan umroh, tentu banyak cobaan dan godaan yang muncul. Banyak umat Islam dari berbagi negara yang berkumpul di satu tempat. Hal ini akan menimbulkan masalah berkenaan dengan fasilitas yang harus digunakan bersama karena jumlahnya yang terbatas. Di sini sifat sabar harus dikedepankan. Karena sifat egois dan mementingkan diri sendiri akan mengurangi nilai ibadah yang sedang dikerjakan. 4. Melahirkan rasa solidaritas dan kekeluargaan à Dengan berkumpulnya banyak umat dari berbagai negara atau daerah, akan menimbulkan rasa persatuan umat yang tinggi, tanpa membedakan golongan, ras dan lain-lain. Perbedaan yang ada tersebut tidak perlu menimbulkan perpecahan, namun justru akan membuat ikatan persaudaraan sesama umat Muslim seluruh dunia makin kuat. 5. Meningkatkan dakwah à Ketika umat Islam dari segela penjuru dunia berkumpul, akan menjadi media yang tepat untuk meningkatkan dakwah Islamiyah secara efektif. Di sini kita bisa saling belajar dan bertukar pengalaman terhadap pelaksanaan ibadah maupun penanaman nilai-nilai Islam di kehidupan sehari-hari dari masing-masing negara atau wilayah.

Selain lima hikmah dari pelaksanaan ibadah haji dan umroh di atas, tentu masih ada banyak hikmah yang lain. Setiap umat pasti punya sudut pandang yang berbeda terhadap pelaksanaan ibadah yang harus dilakukan di tanah suci ini. Namun yang terpenting adalah setelah pulang dari berhaji maupun umroh, umat Islam harus punya pencerahan jiwa yang baru yang diwujudkan dalam amal shaleh, baik untuk diri sendiri maupun bagi masyarakat dan lingkungannya.