Doa Penting Sebelum
Pergi Umroh

Do’a Penting Sebelum Pergi Umroh – setiap orang yang akan bepergian pasti diniatkan yang baik dan berdoa yang baik untuk keselelamatan selama proses dijalan hingga kembali ke rumah dengan sehat wal’afiat. Termasuk akan pergi umroh pun ada doa penting yang perlu diamalkan.

Tak jarangkan kamu mendengar dan memperhatikan orang yang akan pergi umroh, pada hari sebelumnya atau minggu sebelumnya keluarga di rumah sibuk menyiapkan ritual khusus seperti doa bersama, mengundang saudara dan tetangga untuk hadir membersamai dalam mendoakan keselamataan, kemudahan dan keberkahan selama perjalanan umroh. Sebenarnya doa pergi umroh dapat dilakukan oleh siapa pun dan belum ada dalil khusus yang membahas dan menyebutkan tentang hal ini.

Tahukah kamu?, saat melaksanakan ibadah umroh sama halnya seperti orang yang sedang safar. Oleh karena itu, saat melaksanakan ibadah umroh pun bisa membaca doa safar sebagai doa pergi umroh. Hal ini dikarenakan belum banyak yang mengetahui doa apa yang bisa dan dapaat dibaca untuk pergi umroh menuju Mekkah.

Nah, doa apa saja nih yang dapat diterapkan selama pergi umroh?, berikut beberapa doa yang dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk diterapkan sebagai doa pergi umroh.

1. Mendoakan Jamaah Umroh

Menjelang keberangkatan umroh, pasti ada dan banyak jamaah yang mengantarkan. Bagi  teman-teman yang ikut serta mengantarkan teman/saudara/keluarga pergi umroh, dapat menggunakan doa dibawah ini sebagai doa yang akan mengantarkan menuju ke Mekkah. Bagaimana doanya?, berikut doa yang dapat digunakan:

 

أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ

Artinya: “Aku menitipkan agamamu, amanahmu dan perbuatan terakhirmu kepada Allah”

 

Dengan membaca doa di atas diharapkan jamaah umroh diberikan kesehatan dan kelancaran dalam menjalani aktivitasnya di tanah suci. Mereka yang mengantarkan juga berdoa agar jamaah tersebut dapat mengemban amanah yang telah diberikan Allah karena telah diberikan kesempatan mengunjungi tanah suci.

2. Doa Kepada Keluarga yang Ditinggalkan

Bagi teman-teman yang akan menunaikan ibadah umroh dan meninggalkan beberapa kerabat dekat termasuk keluarga. Selama pelaksanaan umroh pasti tidak dapat berada disampingnya untuk menjaga dan melindungi mereka di rumah. Namun teman-teman bisa lakukan itu bukan secara langsung yah, tetapi dapat dilakukan melalui doa-doa terbaik untuk mereka. Apa saja doa-doa yang dapat dipanjatkan untuk menjaga dan melindungi sanak saudara atau keluarga di rumah? Berikut doa berangkat umroh yang dapat dijadikan bahan referensi teman-teman untuk keluarga yang ditinggal di rumah:

 

أَسْتَوْدِعُكَ اللَّهَ الَّذِى لاَ تَضِيعُ وَدَائِعُهُ

Artinya : “Aku menitipkan kalian pada Allah yang tidak mungkin menyia-nyiakan titipannya.”

 

Doa di atas ditujukan untuk seluruh orang tercinta yang teman-teman tinggalkan di tanah air. Meminta perlindungan kepada Allah swt agar selalu menjaga orang-orang di sekelilingnya. Berharap dapat menunaikan umroh dengan lancar tanpa suatu halangan apapun dan tentunya bisa bertemu kembali dengan mereka.

3. Sebelum Kendaraan Bergerak

Sebelum pergi ke Mekkah, teman-teman tentu akan menaiki kendaraan yang nantinya mengantarkan teman-teman menuju tujuan utamanya yaitu Mekkah. Nah bagi teman-teman yang merasa gugup atau merasa takut saat menaiki kendaraan bisa mengamalkan beberapa doa untuk dibaca sebelum menaiki kendaraan. Salah satu doa yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk menaiki kendaaraan adalah sebagai berikut:

 

بِسْمِ اللهِ مَجْرَىْ هاَ وَمُرْسَى هاَ إِنَّ رَبىِّ لَغَفُوْرٌ رَحِيْمٌ , وَماَ قَدَرُوْا اللهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَالأَرْضُ جَمِيْعاً قَبْضَتُهُ يَوْمَ القِياَمَةِ وَالسَّمَواَتِ مَطْوِيَّاتٌ بِيَمِيْنِهِ سُبْحاَنَهُ وَتَعاَلىَ عَمَّا يُشْرِكُوْنَ

Artinya : “Dengan nama Allah di waktu berangkat dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun dan Maha Penyayang. Dan mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya, padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada hari kiamat, dan langit digulung dengan kekuasaan-Nya. Maha Suci Allah dan Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan.”

 

Dengan membaca doa di atas, secara tidak langsung teman-teman menyerahkan seluruh jiwa dan raga teman-teman kepada Allah swt. Doa di atas juga memiliki makna untuk meminta perlindungan dari berangkat hingga pulang nanti ke tanah air. 

4. Doa Ketika Kendaraan Bergerak

Bagi teman-teman yang telah membaca doa sebelum naik kendaraan selanjutnya membaca doa saat atau sedang menaiki kendaraan ya. Saat pesawat akan take off, teman-teman dapat membaca doa ini sebagai bekal agar selama perjalanan diberi perlindungan dan dijauhkan dari hal-hal negatif seperti bencana dan musibah. Adapun doa yang dapat dibaca sebagai berikut:

 

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ , أَللهُ أَكْبَرُ أَللهُ أَكْبَرُ أَللهُ أَكْبَرُ . سُبْحاَنَ الَّذِى سَخَّرَ لَناَ هَذاَ وَماَكُنَّا لَهُ مُقْرِيْنِيْنَ وَإِناَّ إِلىَ رَبِّناَ لَمُنْقَلِبُوْنَ . أَللَّــهُمَّ إِناَّ نَسْأَلُكَ فىِ سَفَرِناَ هَذاَ البِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ العَمَلِ ماَتَرْضَى . أَللَّـهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْناَ سَفَرَناَ هَذاَ وَاطْوِ عَناَّ بُعْدَهُ . أَللَّـهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فىِ السَّفَرِ وَالخَلِيْفَةُ فىِ الأَهْلِ . أَللَّـهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنْ وَعْثاَءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ المَنْظَرِ وَسُوْءِ المُنْقَلَبِ فىِ الماَلِ وَالأَهْلِ

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha Suci Allah yang telah menggerakkan untuk kami kendaraan ini padahal kami tiada kuasa menggerakkannya. Dan sesungguhnya kami pasti kepada Tuhan, kami pasti akan kembali. Ya Allah, kami memohon kepada-Mu dalam perjalanan kami ini kebaikan dan taqwa serta amal perbuatan yang Kau ridhai. Ya Allah, mudahkanlah perjalanan kami ini dan dekatkan jauhnya. Ya Allah, Engkau adalah yang menyertai dalam bepergian dan pelindung terhadap keluarga yang ditinggalkan. Ya Allah, kami berlindung kepada-Mu dari kesukaran dalam bepergian, penampilan yang buruk, kepulangan yang menyusahkan dan hubungan dengan harta benda, keluarga.”

 

5. Ketika Sudah di Tanah Suci

Setelah teman-teman melakukan perjalanan yang tidak sebentar yang mengakibatkan tubuh merasa lelah. Kemudian pesawat akan tiba di bteman-temanra selanjutnya, yang disana sudah ada pemandu umroh yang akan mendampingi teman-teman menuju ke Mekkah. begitu teman-teman sampai dan menginjakkan kaki di Mekkah maka hendaklah membaca doa. Apa doa yang perlu dibaca? Dibawah ini adalah doa yang dapat teman-teman baca saat menginjakkan kaki di tanah suci Mekkah:

أَللَّـهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَهاَ وَخَيْرَ أَهْلِهاَ وَخَيْرَ ماَفِيْهاَ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهاَ وَشَرِّ أَهْلِهاَ وَشَرِّ ماَفِيْهاَ

Artinya: “Ya Allah, saya mohon pada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya. Dan saya berlindung pada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya serta kejahatan yang ada di dalamnya.”

 

Dengan membaca doa ini teman-teman bisa memperoleh berkah dari perjalanan yang tidak sebentar yang telah di tempuh kemudian berdoa agar Allah membalas segala pengorbanan yang telah dilakukan. Disisi lain, teman-teman juga berlindung kepada Allah swt agar senantiasa diberikan perlindungan, kesehatan dan kekuatan menjalani aktivitas di tanah suci ketika umroh.

  1. Ketika Masuk di Kota Mekkah

Begitu teman-teman sampai di tanah suci Mekkah, aka nada pemadu yang mengarahkan teman-teman menuju ke Kota Mekkah menggunakan kendaraan yang sudah disediakan. Saat memasuki wilayah Kota Mekkah teman-teman dapat membaca doa ini:

 

أَللَّـهُمَّ هَذاَ حَرَمُك وَأَمْنُكَ فَحَرِّمْ لَحْمِى وَدَمِى وَشَعْرِى وَبَشَرِى عَلَى النَّارِ وَآمِنِى مِنْ عَذاَبِكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِباَدَكَ وَاجْعَلْنِى مِنْ اَوْلِياَءِكَ وَأَهْلِ طاَعَتِكَ

Artinya : “Ya Allah kota ini adalah tanah Haram-Mu dan tempat yang aman, maka hindarkanlah daging, darah, rambut, bulu dan kulitku dari neraka. Amankanlah aku dari siksaMu pada hari Engkau membangkitkan aku ke dalam golongan auliaMu dan ahli ta’at pada Mu.”

 

Doa di atas bertujuan agar Teman-teman diber perlindungan dan dijauhkan dari siksaan api neraka. Berdoa agar segala dosa yang telah dilakukan diberikan pengampunan dan memohon agar selalu diberikan petunjuk ke jalan yang benar.